Selasa, 11 Juni 2013

dari hari kehari dari tahun ke tahun perkembangan dunia tekhnolgi semakin berkembang, disini saya akan membahas evolusi tekhnolgi handphone dari yg jadul hingga handphone super pintar. evolusi ini sangat begitu cepat dimulai pada tahun 2000an hingga saat ini.

 Perkembangan smartphone dari tahun ke tahun menunjukkan angka penjualan yang fantastis. Bahkan International Data Corporation (IDC) memperkirakan tahun ini smartphone akan mendominasi penjualan di tingkat dunia dan akan terus menggerus penjualan ponsel fitur.

Pekembangan handphone yang pertama

1. 1993 IBM Kenalkan Simon

Siapa sangka cikal bakal smartphone sudah ada sejak 2003. Ya, IBM yang pertama kali mengenalkan piranti serba bisa dan yang tercanggih di jamannya. Piranti yang di beri nama Simon ini merupakan perpaduan antara telepon, PDA dan bahkan mesin fax.

Bobotnya yang berat dan berukuran besar jadi masalah tersendiri ketika menggunakan piranti ini. Meski begitu, Simon sudah dibekali dengan layar sentuh walaupun hanya menggunakan layar monochrome .

Coba tebak berapa harga Simon pada waktu itu?  Simon dibanderol USD 899 atau sekitar Rp9 jutaan jika dikonversi kurs dolar saat ini. Angka yang fantastis dan mungkin juga Anda berfikir menunggu 14 tahun kemudian untuk mendapatkan iPhone.

2.1996 Palm Pilot 1000

Meskipun Pilot itu bukan sebuah smartphone, tapi layak disebut sebagai nenek moyangnya PDA. Dan setelah kehadiran generasi selanjutnya para eksekutif waktu itu mengandalkan Palm sebagai piranti pendukung mobile office .


Palm Pilot pun pernah singgah di Indonesia dan menjadi salah-satu perangkat mahal yang hany dimiliki oleh orang-orang tertentu. Bayngkan harganya yang mencapai Rp3 jutaan Anda hanya mendapatkan spesifikasi 16 MHz prosesor plus 128KB memori.

3.1996 Nokia Communicator 9000

Sebelum kehadiran iPhone dan Android di Indonesia, Nokia punya jagoan yang sempat mencicipi masa kejayaan di pasar ponsel premium. Lewat seri Communicator, Nokia menjadi brand yang sangat kuat di kelas smartphone. Hampir tidak pernah sepi pembeli ketika seri-seri terbaru Communicator di luncurkan.

Nah, seri Communicator yang pertama adalah seri 9000 yang diluncurkan pada 1996 silam. Kemampuannya memang baru sebatas akses internet dengan kecepatan yang rendah karena pada waktu itu teknologi jaringan internet tidak sebagus saat ini. 

4.2000, Pocket PC 

Nenek moyang Windows phone hadir di 2000 menggunakan antarmuka Microsoft mobile atau dikenal dengan sebutan Pocket PC dengan sistem operasi WIndows CE.

Pada waktu itu Pocket PC ditawarkan dengan dua versi, satu menggunakan fitur telepon dan yang tanpa telepon. Jika Anda masih ingat, platformI Windows mobile ini banyak dikeluarkan oleh O2 yang sejatinya adalah operator selular asal Inggris.   

5.2002 Blackberry 5810 

Research in Motion (RIM) sebelum memproduksi Blackberry adalah pembuat pager,  alat komunikasi berbasis teks. Di 2002 RIM memasuki pasar ponsel dengan seri 5810 sebagai debut-nya. Blackberry 5810 mengandalkan layanan email dan browsing.

Uniknya, pengguna Blackberry 5810 harus menggunakan headset ketika menggunakan telepon. Dan kondisi ini dipertahankan hingga seri 6210 hadir di 2004. Bleackberry kemudian sukses memasarkan produknya di Indonesia.

6. Nokia 7650 

Di tahun yang sama, Nokia melansir ponsel Symbian pertama seri 7650. Setelah itu, Symbian berkembang pesat. Pada 2003, Symbian menguasai pangsa pasar 72,8%. Tahun berikutnya, Symbian OS 8.0 keluar. Dan pada tahun yang sama, Nokia hampir menguasai Symbian. 


2007, IOS dan Android Memulai  Masa Keemasan Smartphone

Tahun 2007 menjadi tahun dimulainya masa kejayaan smartphone. Pasalanya raksasa komputerApple ikut nyemplung meramaikan pasar smartphone dengan merilis iPhone. Kehadiran iPhone ini mendapat sambutan yang luar biasa. Bahkan sempat menjadi pemegang pasar terbesar smartphone.
7af6e29d3fc7915d892690cc04a6ac45
Nah ditahun ini juga Google mengenalkan platform sistem operasi Android yang terbuka untuk para vendor.  Kehadrian Android mengalami kenaikan luar biasa dari tahun ke tahun. Keberhasilan sistem operasi open-source itu bahkan lebih mengesankan ketika haruys berhadapan dengan kelas berat seperti iPhoneBlackBerry, Windows Mobile dan Symbian.

0 komentar:

Posting Komentar