Minggu, 13 Februari 2011

perjalanan ku ke jawa timur

tanggal 1 febuari yang tepatnya hari selasa,aku dan teman-temanku diantaranya bayu,fikri,ikbal,kukuh, dan adit akan berangkat ke ponorogo jawa timur
kami berangkat dari stasiun pocin depok untuk menuju ke stasiun manggarai jakarta....

sekitar kurang lebih 1 jam di krl ekonomi depok manggarai akhirnya kami sampai di stasiun manggarai,kereta yang akan kami tumpangi dari jakarta menuju madiun

adalah kereta ekonomi berantas yang akan berangkat pukul
15:45 WIB...

setelah menunggu beberapa saat dan akhirnya kereta yang kami tunggu datang...
kami duduk di bangku 17A,17B,17C dan 18A,18B,18C aku duduk bertiga dan aku duduk di paling pojok di dekat kaca,kereta yg kami tumpangi tak begitu lama

berhenti di stasiun manggarai dan akhirnya kami berangkat menuju madiun jawa timur,,dalam perjalanan banyak yg aku temukan di dalam kereta dari para pedagang

yang kalem dan sampai para pedagang yang bikin punyeng kepala,ada pedagang yang paing bikin ana ama fikri kesel yang orang lagi enak-enak tidur di buat ke

bangun karena ntu orang ngejual minuman dan ngebacot nya gede amat,udah jam 1 malam 2 malam 3 malam masih aja ngeberisikin orang...

dan hampir 16 jam kami di kereta alhamdulillah akhirnya kami sampai di stasiun madiun sekitar pukul 7 pagi.

untuk menuju ke ponorogo kami harus menyater sebuah mobil,dan tidak cukup sulit untuk menyari itu mobil karena pada saat keluar dari stasiun sudah banyak

para penyewa mobil menawarkan jasanya untuk menganter kami.

sekitar kurang lebih satu jam perjalanan dari madiun ke gontor ponorogo kami samapai di pesantren yg cukup terkenal itu ...

setelah turun dari mobil kami bergegas masuk ke pesantren unutk regestrasi sebagai tamu pondok,biaya untuk penginapan di pesantren ini gratis,dan jika para

tamu ingin menggunakan kasur maka harus membayar sewa yaitu permalam nya Rp.5000 setelah pendaftaran nama selesai kami diberikan sebuah name tag unutk

mencirikan bahwa kami disini sebagai tamu, saya dan teman-teman menyewa 6 kasur karena jumlah kami 6 orang...

pada saat memasuki ruang khusus tamu ternyata ruangan tersebut sgt beda dari apa yg kubayangkan,disini kami para tamu diberikan 1 ruangan yg cukup luas dan
ruangan tersebut digunakan bersama untuk istirahat...

di ruangan ini bukan hanya kami banyak para tamu yg sedang menjumpai anak-anaknya di pondok,setelah beberapa saat istirahat dan selesai mandi lalu saya dan

teman-teman jalan-jalan mencari makan terlebih dahulu pada saat kami ingin mencari makan disini saya dan teman melihat sebuah pemandangan yg amat jarang kami

temukan di kampus, mengapa jarang?? karena semua para santri baik yg sedang duduk dan yg sedang berjalan mereka semua pasti membaca buku,karena pada saat ini

mereka sedang ujian,baru kali ini saya melihat orang yg amat sangat begitu giat dalam belajar...

setelah iitu barulah kami menemukan sebuah warung kecil......

para pedagang makanan disini umumnya di setiap warung pasti ada yang menjual pecel.karena perut kami sudahlapar kami langsung masuk ke sebuah warung kecil di

pinggiran jalan dan masih dekat dengan sekitar kawasan pesanrtren,harga pecel per porsi disini Rp.2000 dan ada yg Rp.3000,tapi per porsi di tempat yg kami

makan ini sangat lah sedikit,byk teman-teman saya disini yg tambah lagi 1 porsi,,setelah semua kenyang kami lanujut ke pondok lagi untuk istirahat kembali...

sampai di ruang tamu pondok, saya melihat pemandangan berbeda disini,para santri yg telah selesai belajar mereka berbondong memasuki sebuah kantin yg ada di

pondok itu fungsi dari kantin ini adalah menjual makanan pokok dan makanan ringan ..nah kata teman saya yg alumni dari pondok ini para santri yg makan di

kantin ini berarati mereka harus bayar makanan yg mereka ambil dan untuk para santri yg tidak mau makanan tambahan maka mereka pergi ke dapur pondok,di dapur

pondok ini mereka beramai-ramai makan bersama di tempat ini, pemandangan yg luar biasa melihat para santri menyantap makanan mereka,rasa kebersamaan pada

saat makan itu sangat terasa.

yang saya perhatikan dari para santri ada suatu hal yg unik yaitu melepas sandal yg mereka pakai...
saat para santri melepas sandalnya setiap orang pasti melakukan cara yg sama unutk melepas sandal yg mereka pakai..

setelah semua para santri selesai makan barulah azan sholat zuhur berkumandang,dan kami pun bersiap untuk sholat...

setelah sholat magrib para santri kembali menuju dapur makan dan kantin al-azhar(nama kantin),suasana makan di malam hari tak jauh beda dengan siang hari,

dan makanan untuk para tamu pun disiapkan,

sebelum azan sholat isa berkumandang para santri pasti telah selesai makan,dan kami pun selesai juga

setelah sholat isa berjamaah saya dan teman-teman jalan-jalan lagi mengelilingi pondok,suasana pondok di malam hari tak jauh berbeda dengan siang hari disini

para santri pasti memegang buku dan diantara itu banyak para santri belajar bersama teman-temannya dan di pandu oleh seorang ustad atau guru..

setelah puas mengelilingi pondok kami pun kembali ruang tamu dan istirahat untuk melanjutkan petualangan esok hari..

tanggal 3 febuari 2011
hari ini adalah kedua kami di pondok,,

rencana kami hari ini adalah jalan-jalan ke madiun,untuk jalan ke temap tujuan kami harus mencari tempat penyewaan motor,tak terlalu susah untuk mencari

tempat penyewaan motor tersebut,di warung yg kami singgahi untuk sarapan ternyata merentalkan motor..tapi sayang tak ada motor yg bisa kami gunakan karena

semua motor sudah ci cater oleh ustad pondok..terpakasa saya dan fikri mencari ke tempat lain yg sesuai informasi dari tempat awal kami sarapan,dan unutk

kedua kalinya saya dan teman saya kecewa karena motor disini juga telah di cater duluan oleh ustad pondok..

terpaksa jalan-jalan itu kami urungkan,saya fikri dan abdi akhirnya jalan keluar dari areal pondok,kami berjalan sekitar 1 km .disini kami ingin mencari

sebuah warnet,dan warnet yg kami cari ada ...

tak disangka warnet tersebut penuh full,padahal pc yg ada di warnet tersebut ada banyak...saya mulai berfikir seandainya saya membuka usaha warnet disini

pasti akan menghasilkan untung yg banyak...

selanjutnya saya dan teman-teman istirahat dahulu sebelum kembali ke pondok,setelah beberapa saat kami lanjut untuk balik ke pondok,

dan seperti biasa kami sholat zuhur bejamaah dan setelah itu saya istirahat tidur siang...

dan esok kami akan pulang ke jakarta...

4 febuari 2011

di pagi hari yg sedikit mendung para santri sudah olahraga pagi,ada yg bermain basket,bola kaki dan ada juga para santri yg membersihkan kamar mereka

masing-masing...

kami berangkat pulang dari pondok jam 8 pagi menuju stasiun madiun,

setelah sarapan kami bergegas menyiapkan barang-barang kami dan membayar uang sewa kasur... dan setelah semua selesai menyiapkan barang-barang mobil jemputan

kamipun datang,dan kami pun berpamitan dengan para santri yg kami temui...

itulah pengalaman ku 2 hari 2 malam di pondok pesantren modern gontor ponorogo...

sebuah kenangan dan pengalaman yg tak akan pernah ku lupakan,dan laen waktu saya akan kembali ke pondok tersebut untuk sekedar bersilaturahmi kpd para

santri dan insyaallah dapat bertemu dengan ustazah itu lagi...

mohon maaf jika ada salah kata dan salah penulisan di tuisan saya ini...